Sangat Mudah! Mengetik dengan Suara di Google Doc

Mengetik-dengan-Suara-di-Google-Doc

Google doc merupakan aplikasi pengolah kata yang mempunyai fitur mengetik dengan suara di google doc dalam mempermudah pekerjaan.

Google Doc atau Google Dokumen merupakan sebuah aplikasi pengolah kata yang tersedia secara online. Fiturnya tidak hanya sekedar kemudahan mengetik secara konvensional melainkan juga bisa mengetik dengan suara di Google Doc.

Saat ini kebanyakan orang sudah menggunakan aplikasi Google Doc untuk mempermudah kegiatannya yang mempunyai kaitan dengan kegiatan mengetik. Kamu hanya memerlukan akses jaringan internet dan kamu sudah bisa menggunakan Google Doc secara gratis.

Fitur Menarik Mengetik dengan Suara di Google Doc

Google Dokumen menghadirkan fitur mengetik dengan suara di Google dokumen, sehingga memudahkan para penggunanya untuk tidak lagi repot dalam mengetik menggunakan kesepuluh jarinya melalui keyboard. Fitur ini memungkinkan kamu untuk melakukan pengetikan dengan mengucapkan kata demi kata yang ingin ditulis pada halaman atau lembar kerja yang tersedia.

Google dokumen mempunyai kemiripan dengan Ms Word, tetapi perbedaannya terletak pada pemakaiannya yang harus menggunakan jaringan internet atau tersedia online sedangkan Ms word bisa kamu gunakan tanpa jaringan internet atau secara offline. Selain itu, google dokumen juga memberikan penyimpanan mencapai 1GB yang bisa diteruskan dalam penyimpanan cloud atau lainnya.

Fitur mengetik dengan suara di mesin pencari Doc ini disebut dengan Voice Typing. Menggunakan fitur ini akan membuat pekerjaan semakin ringan, dimana ketika kita bersuara kita hanya perlu mengucapkan berbagai kata demi kata yang ingin dituliskan. Nantinya mesin pencari Doc akan memproses sendiri saudaramu dan menuliskannya pada lembar kerja.

Kehadiran fitrun ini juga sangat bermanfaat bagi kamu, seorang yang sering melakukan kesalahan dalam mengetik atau typo serta kendala lainnya. Digunakannya fitur ini akan memungkinkan kamu untuk menghindari kesalahan dan kendala yang sering kamu temui ketika mengetik kata secara manual.

Cara Mudah Mengetik dengan Suara di Google Doc

Dibawah ini merupakan langkah-langkah untuk dapat menggunakan fitur voice typing yang tersedia di aplikasi mesin pencari Doc. Berikut caranya:

  1. Buka Google Docs

Hal pertama harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi atau mengunjungi browser untuk dapat masuk ke halaman tampilan mesin pencari Doc.

Setelah itu masuk ke laman “Create Document” jika dokumen baru sudah terbentuk, kamu juga bisa mencantumkan nama dokumen yang terdapat pada bagian atas sebelah kiri. Hal ini berguna agar pekerjaanmu tersimpan di mesin pencari Doc.

  1. Mengaktifkan Fitur Voice Typing

Lalu pada tahap kedua kamu bisa mengaktifkan voice typing atau mengetik menggunakan suara di mesin pencari Doc terlebih dahulu, cara tersebut bisa kamu lakukan dengan:

  1. Masuk ke dalam menu ‘Tools’.
  2. Klik sub menu ‘Voice Typing’.
  3. Tunggulah sampai muncul speaker berwarna hitam muncul di bagian kiri dari lembar kerja.

Jika kamu mendapat pop up ‘izinkan akses mikrofon’ maka kamu bisa langsung neri akses dengan meng klik tombol ‘Allow’ yang tersedia. Hal ini dilakukan agar menggunakan voice typing bisa berjalan maksimal dan suara yang kamu keluarkan bisa melakukan pengetikan seperti halnya mendikte.

  1. Mulai Mengetik dengan Suara di Google Doc

Sebelum masuk untuk dapat mengetik menggunakan suara di mesin pencari Doc, kamu perlu terlebih dahulu memilih bahasa yang terdapat pada pengaturan tepat di atas mikrofon.

Jika bahasa sudah kamu atur sesuai dengan yang kamu inginkan, maka kamu sudah bisa mengucapkan kata demi kata yang ingin dijelaskan hingga nantinya mesin pencari Doc akan merespon ucapan yang kamu lontarkan. Sehingga tulisan akan dengan mudah terbentuk.

Kesimpulan

Nah itu dia tadi merupakan cara mengetik dengan suara di Google Doc yang bisa kamu coba. Fitur ini sangat membantu para penggunanya untuk meringankan kegiatan mengetik mereka, apalagi bagi mereka yang mempunyai deadline sempit untuk dapat menyelesaikan tulisan yang mereka kerjakan.

Perlu diperhatikan juga untuk dapat menggunakan suara dan bahasa yang jelas ketika kamu mulai mendikter kata demi kata untuk dapat dituliskan secara otomatis melalui voice typing. Hal ini berguna demi kelancaran dan kebenaran ucapan dengan ketikan yang dilakukan oleh Google Doc.